== BLOG KU.COM ==

jUSt Smil3 to The WoRlD (^^)

REFURBISH..????!!

alo temen…aku mo posting lagi nih..skrg ttg membeli barang yang namanya Handphone…nah kan kalian seneng klo barang yang dibeli itu muraaahhh banget…tapi hati2..apakah itu refurbish(daur ulang bo..) ato bukan??nah berikut artikelnya tentang yang namanya barang refurbish…!!!(adopted from forum cybertelecom.com)

banyak yang sampai saat ini menanyakan tentang barang refurbish.
karena banyak toko yang malas menjelaskan arti refurbish, maka banyak toko yang agak “bohong” dengan mengatakannya sebagai barang baru.
toko mengatakan sebagai barang baru karena selain lebih gampang ngomongnya, juga lebih cepat jualnya & keuntungannya lebih besar.

salah satu yang bikin heboh adalah NEXIAN.
juga salah satu pedagang di FP ini dengan nick nagaselular yang dicap penipu oleh rekan FP lain karena JB (Jual Baru) barang refurbish ini.

jadi saya tulis semuanya di sini, semoga cukup lengkap.

barang refurbish = barang daur ulang.
artinya mesin yang digunakan adalah mesin bekas, tetapi casing, baterai, charger dll-nya baru.

barang refurbish ini ada grade-nya (Kualitas)
kebanyakan di-refurbish di China, setahu saya hanya Nexian yang di-refurbish di Indonesia.

HAMPIR SEMUA handset yang masuk Indonesia adalah barang refurbish, karena :
1. harga baru barang sangat mahal, tidak terjangkau oleh kantong orang Indonesia. misalnya : samsung E250, di Korea barang tersebut kira2 3 juta rupiah, kita menjualnya dibawah 1 juta di Indo.

barang2 yang merupakan barang refurbish :
– Nokia 3585, 3586, 2280, 6385, 6225, 6255 yang non garansi (BM) atau garansi distributor.
– samsung seri X, seri A, seri E.
– semua LG CDMA
– motorola V680, V860, Startac, dll.
– Kyocera seri 2xxx, 7135, 6035
– Audiovox Thera.
– NEXIAN
– QUASAR
– semua Fix Wireless Phone buatan lokal, kecuali INTI

barang2 yang bener2 baru :
– Nokia garansi resmi Nokia.
– Samsung Frensip & keluaran Samsung resmi.
– Kyocera KZ-820, KZ-F520
– Sanex (gak yakin, tp sepertinya 100% baru)

ciri-ciri barang refurbish :
– jika barang itu sudah beredar agak lama di luar negri, lalu masuk ke Indonesia dengan harga miring, kemungkinan besar itu barang refurbish.
– bukan garansi resmi dari vendor.
– casing, baterai, charger tidak original.

PERTANYAAN :
– jadi saya tertipu bila membeli barang CDMA yang di-KLAIM toko sebagai barang baru yang sebenarnya adalah refurbish?
iya, memang kenyataannya tertipu.
tetapi apa boleh buat, toh ada yang resmi & sip tapi lebih mahal, pada tidak mau beli, mau carinya yang paling MURAAAAHHHH.
jadi para pedagang juga terpaksa memenuhi keinginan konsumen.

- apakah semua barang refurbish kualitasnya jelek?
tidak juga, ada beberapa yang kualitasnya lumayan bagus, bahkan ada distributor yang berani kasih garansi 6 bulan.

- jadi boleh gak beli barang refurbish?
boleh-boleh saja. tapi siap-siap, jangan heran & marah-marah bila mudah rusak, baterainya suka drop, charger gampang rusak.
resiko beli barang muraaaaaaah.

- ada gak barang refurbish yang benar-benar bagus?
ada, tetapi jarang. tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. tergantung toko yang menjualnya, walaupun sama2 typenya, ada toko yang menjual barang grade A ada yang menjual grade C, terkadang juga bisa terselip.
jadi jangan ketemu 1 type jelek langsung beranggapan semuanya jelek, atau ketemu 1 type bagus, langsung beranggapan semuanya bagus.
itu kebetulan, barang refurbish adalah barang bekas orang luar negri yang pakai. mereka pakainya kasar atau halus siapa yang tahu.

- apa itu grade A, B, C ???
grade A adalah barang2 refurbish yang sudah disortir dengan seksama, kira2 hanya 5% yang rusak. biasanya barang grade A direfurbish dari barang bekas yang belum pernah diservis.
grade B adalah barang2 refurbish yang ditest kelayakan, yang penting nyala.
grade C adalah barang2 refurbish yang tidak ditest.
user tidak pernah tahu barang yang dibeli gradenya apa, hanya TUHAN, importir & pemain besar yang tahu.
pedagang kecilpun banyak yang tidak tahu.
jadi jika mau beli tidak perlu menanyakan grade.

- saya pakai HP refurbish, kok susah amat telpon keluar masuk yah???
jika pakai [maaf] esia. itu bukan salah handphonenya. tp memang esia susah telpon keluar & masuk. (soalnya banyak banget yang komplain seperti ini & selalu anggap barangnya yang rusak, padahal operatornya yg gak beres)

- apakah bila saya beli barang refurbish, saya pasti tidak puas?
belum tentu, banyak kok barang refurbish yang bagus. Banyak yang beli sama saya dan puas, walaupun memang ada juga yang tidak puas.
resiko pembeli…

- kenapa baterainya cuma tahan sebentar yah?
karena baterainya buatan china. baterai buatan china ada gradenya juga.
tetapi biasanya barang refurbish cuma tahan 1 hari, bila lebih itu beruntung, jika kurang tidak perlu marah-marah.

- kok SMSnya susah yah?
itu tidak ada hubungannya dengan barang refurbish, barang tersebut didisain untuk orang Korea & China, dengan karakteristik mereka.

———————————————–

TIPS membeli barang refurbish CDMA
1. beli dengan orang / toko yang dapat dipercaya.
2. perhatikan baterai, bila sudah buncit, berarti baterainya pasti drop.
3. perhatikan casing, banyak yang tipis & gampang patah. coba sentil sedikit (jangan kelihatan yang punya toko).
4. perhatikan LCD, coba buka tutup 2-3 kali.
5. beli yang sudah di-inject nomor, biar tidak pusing ngurusinnya.
6. hati-hati dengan barang yang terlalu murah.
7. siap-siap agak repot bila bermasalah (sudah resiko)

JADI KESIMPULANNYA BELI BARANG REFURBISH JANGAN ????
beli !!! tetapi jangan marah2 bila cepat rusak & tidak memuaskan, sudah resiko.

October 27, 2007 - Posted by | Business

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: